DIET AMAN

Orang-orang jepang terkenal dengan kebugaran, awet muda dan umur panjang. Terdapat satu pulau di jepang bernama Okinawa. Nama pulau ini begitu terkenal karena memiliki jumlah penduduk berusia lebih dari 100 tahun terbanyak di dunia. Data menunjukkan, dari sekitar 1,27 juta jiwa, terdapat 427 warga Okinawa yang berusia lebih dari 100 tahun! Penduduk Okinawa juga memiliki usia harapan sehat tertinggi di dunia.

Rahasia sehat, panjang umur, dan awet muda mereka terletak pada pola makan dan gaya hidup sehari-hari yang sangat khas. Pola makan mereka hampir sama dengan Anda, bedanya mereka sangat membatasi mengonsumsi lemak dan protein hewani.

Dalam buku “The Okinawa Diet Plan: Get Leaner, Live Longer and Never Feel Hungry”, Dr Bradley J Willcoxmenulis ; diet Okinawa dapat mengatasi kegemukan, membuat perasaan lebih nyaman, dan awet muda. Prinsip makan yang mereka anut adalah mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein yang tepat.

Berikut adalah prinsip diet mereka:

Sayur dan buah
Buah dan sayur yang mengandung serat merupakan menu wajib setiap hari. Fungsi serat membantu mencegah penimbunan lemak, membantu meningkatkan fungsi usus-usus besar, dan membantu proses pembentukan otot.

Merah lebih baik dari putih
Asupan karbohidrat mereka berasal dari beras merah bukan beras putih. Sebab, beras putih sudah mengalami proses pembersihan yang berulang sehingga kandungan vitaminnya berkurang.

Serba kacang
Seperti kacang kedelai, baik dalam bentuk polong rebus maupun olahan, seperti miso, tahu, dan kembang tahu. Sup miso dengan campuran bayam dan nasi menjadi menu pembuka mereka di pagi hari.

Ikan laut yang terbaik
Protein dan lemak hewani mereka peroleh dari ikan. Ikan laut memiliki keunggulan mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi kadarnya dibandingkan ikan air tawar.

Banyak minum air putih
Hindari alkohol. Perbanyak minum air putih minimal enam gelas sehari. Cairan sangat penting untuk mendukung kelancaran metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh.

Teh hijau
Khasiat teh hijau erat kaitannya dengan senyawa katekin dan flavonol, yaitu suatu komponen aktif yang diyakini berperan penting mencegah kanker. Dari 10 gram bubuk teh hijau (setara dengan 10 cangkir teh), akan diperoleh sekitar 1 gram katekin. Prof Itaro Oguni dari Universitas Shizuoka Hamamatsu College menganjurkan minum 10 cangkir teh setiap hari secara teratur untuk mencegah kanker.

Membatasi minyak
Batasilah konsumsi minyak nabati dan hewani. Jenis asam lemak yang dominan dikonsumsi adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat diperoleh pada minyak canola dari biji-bijian. Hal ini dapat mencegah timbunan kolesterol dan trigliserida berlebih penyebab timbulnya berbagai penyakit.

Sedikit garam dan penyedap
Pelaku diet Okinawa dianjurkan untuk tak berlebihan mengonsumsi garam. Disarankan pemakaian garam rata-rata hanya tiga sendok teh sehari.

Hindari makanan olahan
Hindari mengonsumsi camilan yang berlemak serta mengandung kadar garam dan penyedap rasa tinggi serta bahan kimia. Sebagai gantinya, pilihlah camilan yang aman, seperti buah, sereal, atau roti gandum.

Berhenti sebelum kenyang
Makan dan minumlah hingga 80 persen kenyang. Prinsip itulah yang menye-babkan mereka memiliki tubuh langsing, sehat, bugar, dan awet muda.

Sering dan sedikit
Pola makan laki-laki 10-13 kali dan perempuan 7-10 kali setiap hari dengan takaran 150-200 cc untuk sekali makan.

Aktivitas fisik
harus banyak melakukan aktivitas fisik, di antaranya bersepeda dan jalan kaki.

Jauh dari stress
Kualitas kesehatan berhubungan dengan Tingkat stress. Agendakan Piknik, bercengkerama dengan teman-teman, dan melakukan kegiatan ringan yang menyenangkan supaya dapat menghindari seseorang dari stres. Kiranya ini diet paling aman, karena tanpa obat, tanpa lapar. Cuma mengatur pola makan dan gaya hidup. Boleh dicoba dan buktikan
________
*) Ust. Zainul Arifin adalah pengajar (muallim) pada Madrasah Diniyah Wustho PP An-nur2, Asal Malang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s