KIAMAT 2012?

Heboh Kiamat yang kata nya bakal terjadi di tahun 2012, pernah di bahas di acara Extravaganza, waktu itu yang menjadi bintang tamu adalah paranormal ter kenal Mama Lauren. Per tanyaan yang disampaikan oleh si

pembawa acara tentang isu “Kiamat 2012” yang sedang marak di dunia maya dan bahkan ada bukunya ter sebut dijawab Mama Lauren dengan mengatakan bahwa ilmu pene-rawangan (penglihatannya) tidak bisa menembus tahun 2013, semuanya seperti terhalang dan gelap, bakal terjadi bencana besar yang akanmembinasakan separuh lebih umat manusia.

Heboh kiamat tahun 2012 didasarkan Pada manuskrip peninggalan suku Maya yang tinggal di selatan Meksiko atau Guatemala yang dikenal menguasai ilmu Falak, disebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Sehingga dunia berakhir pada 20-12-2012. Disebutkan juga pada waktu itu akan muncul gelombang galaksi yang besar-besaran sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini. Akan tetapi tidak diungkap secara jelas dasar penetapan ramalan kiamat itu lebih jauh.

Secara perhitungan ilmiah dikemukakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). bahwa fenomena yang akan muncul pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasar pada pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di berbagai negara maju yang sudah dilakukan sejak tahun 1960-an dan Indonesia oleh LAPAN telah dilakukan sejak tahun 1975.

Badai Matahari akan terjadi ketika adanya flare dan Corona Mass Ejection (CME). Apa itu Flare..? Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dahsyatnya menyamai 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Padahal bom atom yang dijatuhkan Paul Tibbets, pilot pesawat Amerika Serikat (AS), B-29 Enola Gay, Agustus 1945, telah merenggut sekitar 80.000 jiwa manusia. Berarti kalau dikalikan 66 juta lagi. Sedang CME adalah sejenis ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel2 berkecepatan tinggi yakni sekitar 400 km/detik.

Namun terlepas dari ramalan dan per hitungan di atas dan keyakinan sebagai seorang muslim bahwa hanya Allah saja yang tahu kapan terjadinya kiamat, Namun intinya kita iman kepada terjadinya hari akhir atau kiamat. Dan kiamat itu sudah dekat sekali akan terjadi. Rasul sendiri bersabda :

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةَ كَهَاتَيْنِ

Aku diutus, dan (waktu kedatangan) hari kiamat seperti dua (jari) ini (dalam dekatnya) [HR Bukhori]

Dalam musnad ahmad dijelaskan rasul ketika bersabda mengacungkan dua jarinya, yaitu jari telunjuk dan jari tengah sebagai perumpamaan dekatnya waktu datangnya hari kiamat.

Namun Rasul tidak menjelaskan waktunya kapan kiamat itu tiba. Dalam Al-Quran dijelaskan

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا (63)

Manusia bertanya kepadamu tentang hari kiamat. Katakanlah: “Sesung-guhnya pe-ngetahuan tentang hari kiamat itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya. [QS Al-Ahzab 63]

Dalam Shohih Bukhori 5701 Ketika ada orang badui bertanya kepada Rasul kapan kiamat tiba?, maka Rasul balas bertanya: Apakah persiapan yang telah kau lakukan untuk menghadapinya?

Meskipun Rasul tidak menentukan jam atau tanggal, Akan tetapi beliau memberikan beberapa tanda (Sign) akan kedatangan kiamat. Ibaratkan lampu TL (traffic Light) terdapat lampu kuning (tanda-tanda kecil) dan lampu merah (Tanda-tanda besar) sebagai berikut:

LAMPU KUNING:

a. Penggembala menjadi kaya

Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)

b. Banyak terjadi pembunuhan

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasu-lullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembu-nuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)

c. Bermewah-mewah dalam

membangun masjid

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat ada-lah bahwa manusia saling mem-banggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)

d. Banyaknya kaum wanita

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari) dll.

LAMPU MERAH:

Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari ra, berkata: Rasulullah saw. muncul di tengah-tengah kami pada saat kami saling mengingat-ingat. Rasulullah saw. bertanya, “Apa yang sedang kamu ingat-ingat?” Sahabat menjawab, “Kami mengingat hari kiamat.” Rasulullah saw. bersabda,”Kiamat tidak akan terjadi sebelum engkau melihat 10 tandanya.” Kemudian Rasulullah saw. menyebutkan: Dukhan (kabut asap), Dajjaal, binatang (pandai bicara), matahari terbit dari barat, turunnya Isa as. Ya’juj Ma’juj dan tiga gerhana, gerhana di timur, barat dan Jazirah Arab dan terakhir api yang keluar dari Yaman mengantar manusia ke Mahsyar. (HR Muslim)¾

Oleh Ust. Bahrul Aziz, Ketua program pengembangan bahasa arab, Madrasah Diniyah PP AN-NUr II Bululawang malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s