PENILAIAN KAMI TERHADAP FATWA FACEBOOK HARAM

Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) Jawa Timur di Ponpes Putri Lirboyo pada tanggal 20-21 Mei 2009 mengeluarkan keputusan bahwa jejaring sosial FaceBook hukumnya haram dengan pertimbangan  bahwa Hukum komunikasi dengan lawan jenis tidak diperbolehkan kecuali memiliki tujuan, seperti “khithbah” (meminang calon istri) dan “muamalah” (akad perdagangan dan transaksi lainnya). Adapun Pengenalan karakter dan penjajakan lebih jauh tanpa adanya “‘azam” (keinginan kuat untuk menikahi) tidak dapat dikategorikan sebagai hajat (kebutuhan).

Keputusan ini lalu dianggap kontroversial. Dengan cepat pada tanggal 27-28 Mei 2009, utusan 120 Ponpes se jawa madura mengkaji ulang tema ini di PP Ploso kediri dan memutuskan penolakan pengharaman peng-gunaan facebook, bah-kan sangat meng-anjurkan untuk menjalin komunikasi dengan kerabat, kelompok, dan suku bangsa lain dan dengan mempertimbangkan dampak sosial, ekonomi dan budaya.

Penilaian  : Keputusan 2 lembaga bahsul masail adalah sama namun beda penekanan saja…yang satu lebih melihat aspek negatifnya dan yang satu lagi lebih ke aspek positifnya. Menurut kami Teknologi itu layaknya pisau, jadi dilihat siapa yang memegang dan digunakan untuk apa dst…jadi tidak bisa dihukumi hukumnnya pisau saja tanpa melihat faktor lainnya

3 responses to “PENILAIAN KAMI TERHADAP FATWA FACEBOOK HARAM

  1. facebook hukumnya mubah…namun jika dijadikan sarana maksiat seprti pacaran maka hukumya haram…gitu..

  2. yangjelas korupsi itu haram mas bukan facebook.
    facebook bukan zina.tapi tergantung orangnya sendiri buat jelek atau yang baik itu aja kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s