THE MASTER, Tontonan Haram

Oleh Ust. Hadikul Ikhwan, Staf Pengajar Madrasah Diniyah AN-NUR Al-Murtadlo

Tahukah Anda acara The Master di RCTI? The Master merupakan acara audisi atau pencarian bakat semacam Indonesian Idol, AFI, KDI, API, dan lain sebagainya yang sedang marak di beberapa   TV  di   Indonesia bahkan seluruh Indonesia, The Master itu sendiri merupakan acara pencarian bakat magician atau sulap atau hal-hal yang aneh-aneh seperti yang di pertunjukkan oleh Limbad yang berani dilindas oleh alat berat / traktor untuk aspal jalan raya di atas sebuah lintasan yang telah ditaburi pecahan kaca.

Namun bagi kita selaku ummat islam, tidak boleh lagi menonton acara tersebut karena pada awal bulan juni kemaren perwakilan puluhan Ponpes mengharamkan tontonan The Master. Keputusan itu keluar dalam Bahtsul Masail Wustho yang digelar Ponpes Abu Dzarrin, Kendal, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro yang diikuti oleh puluhan pesantren di Jatim. Di antara nya adalah Ponpes Sidogiri (Pasuruan), Lirboyo (Kediri), Langitan (Tuban), Al-Khozini (Sidoarjo), PP Tanggir (Tuban), dll. Fatwa ini kemudian didukung sepenuhnya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bojonegoro.  Sebab, diduga kuat memang adegan dalam The Master adalah mengandung sihir. Karena, hal itu dilakukan diluar batas kemampuan manusia secara

umum.
Fatwa haram bagi The Master juga mengandung konsekuensi bagi penonton nya. Selain tayangan itu, menonton di acara tersebut juga dihukumi haram alias berdosa. Alasannya, menonton tayangan itu hal itu termasuk Tafarruj Bil Ma’ashi atau merasa senang dengan adanya kemungkaran.

Sihir tergolong dalam kejahatan dan perbuatan musyrik yang luar biasa. Wujudnya sihir di dunia ini sebagai ujian dan cobaan. Definisi ringkas nya yakni perbuatan yang dilakukan dengan syarat-syarat yang tertentu, dibawah keadaan dan persiapan-per siapan yang aneh dengan cara-cara berbuat musyrik yang tersembunyi.

Definisi ini selaras dengan asal Kata sihir yang terambil dari kata Arab (sahar), yaitu akhir waktu malam dan awal terbitnya fajar. Karena pada saat itu bercampur antara gelap dan terang, sehingga sesuatu menjadi tidak jelas atau tidak sepenuhnya jelas.

Memiliki ilmu sihir menyebabkan seseorang itu akan kelihatan hebat dan berani karena keyakinan individu terha-dap keistimewaan ilmu sihir yang sumber nya dari iblis terlaknat. Kadang-kadang manusia yang mengamalkannya untuk tujuan kejahatan seperti mengenakan sihir kepada orang lain atau membalas dendam kepada seseorang.

Untuk mendekatkan diri kepada

jin atau syaitan, para ahli sihir ini ada yang menjadikan Al-Quran sebagai alas kaki untuk masuk ke WC. Ada juga yang menulis sebagian ayat Al-Quran dengan menggunakan kotoran dan najis atau menulisnya dengan darah haid. Ada pula juga yang menulisnya di tapak kaki atau menulis  Al-Fatihah secara terbalik.

Ada pula yang menunaikan sholat tanpa berwudhu atau tetap dalam keadaan junub. Menyembelih binatang untuk dipersembahkan kepada jin/ syaitan dan menyembelihnya dengan tidak menyebut nama Allah kemudian melemparkannya ke suatu sudut yang telah ditentukan oleh jin/syaitan.
Terdapat juga pengamal sihir yang menggauli ibu atau anak perempuannya. Menulis jampi-serapah dengan lafaz yang mengandungi kekafiran dan ke musyrikan. Dari sini jelaslah bahwa jin/syaitan tidak akan membantu untuk menjadi khadamnya kecuali dengan satu imbalan atau balasan.

Semakin besar kekafirannya itu makin besarlah ketaatan jin/syaitan terhadapnya. Jika si ahli sihir tidak mau melaksanakan kekafiran-kekafiran yang diperintahkan jin/syaitan tersebut maka ia juga tidak akan bersedia menjadi khadamnya. Sesungguhnya bahwa mereka berdua adalah dua sejoli yang bertemu dalam rangka kemusyrikan kepada Allah.

Jika diperhatikan pada wajah

ahli sihir itu maka akan kelihatan ke-gelapan disebabkan oleh kekafiran nya. Seseorang yang menjadi ahli sihir akan menjalani kehidupan yang penuh dengan kesesengsaraan jiwa. Dia tidak dapat tidur dengan tenang, bahkan senantiasa merasa cemas setiap kali tidur dan di samping me-mikirkan setan-setan itu sering kali menyakiti anak-anak dan isterinya dan menimbulkan pertengkaran di kalangan mereka.

Perjanjian yang disepakati antara “seorang ahli sihir dengan wa-kil syaitan” yang bernama Asmodeus menggunakan secarik surat perjan-jian dan tulisan semacam kop surat adalah tulisan manusia, tetapi kop nya ialah kop surat dari Jin. Bahkan juga bukan kop surat ‘Ifrit, jenis jin yang paling perkasa.

Ia merupakan kop surat milik Jin jahat biasa.   Ada pula surat perjanji-an yang disepakati antara “Syaitan dengan O’Ryan Greenfield” seorang ahli sihir dari barat. Sebenarnya surat itu ialah perjanjian otentik antara seorang penyihir dengan 4 jin yang tanda tangan mereka tertera jelas, yang kemudian diperkuat oleh kop ‘Ifrit.

Ditengah carut marutnya tonto-nan di televisi kita, Kita sebagai pemirsa televisi haruslah memilah dan memilih jika mau menonton acara yang aneh dan luar biasa yang kemungkinan merupakan salah satu dari 3 hal berikut:

1. Murni dengan trik canggih yang bisa dijelaskan secara ilmiah, sebagaimana di TV ada juga acara yang mengungkap bagaimana rahasia para pesulap itu dalam melakukan aksinya, ternyata tanpa bantuan sihir

2. Dengan bekerjasama dengan jin/setan/dukun/tukang sihir, misal nya dalam atraksi debus atau kuda lumping dimana ada yang tidak mempan dibacok, kebal peluru, tahan api, dll

3. Kombinasi antara trik ilmiah dan bantuan makhluk halus (jin/setan)

Beralihlah ke tontonan yang bermanfaat bagi anda sebab sebagaimana sabda Rasul :

من حسن إسلام المرئ تركه ما لا يعنيه

Sebagian dari baiknya islam seseorang adalah ia meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat baginya [HR Ahmad]

6 responses to “THE MASTER, Tontonan Haram

  1. sungguh memalukan ketika ketidak tahuan para pemegang wewenang mengeluarkan fatwa membuat mereka mengeluarkan fatwa yang “lucu”, harus di ingat bagaimana sejarah katholik melakukan pembakaran besar2an terhadap “tukang sihir” yang ternyata melakukan penelitian praktek2 ilmiah!

  2. Sihir itu memang ada,dan bisa di rasakan.kita ngomong sama lawan bicara kita dgn bhs yang halus supaya dia terpengaruh???… itupun juga tsrmasuk sihir!!!.NAHAWAN:sihir yang ringan.Sah N halal tapi BHY kalau pada akhirnya orang lain yang jadi korban fitnah!!!… Apalagi THE MASTER?… Tayangan bermutu tapi membahayakaaan iman.

  3. sulap itu seni,,,, bukan sihir, para the master murni melakukan trik kecepatan tangan,, dikatakan seni karena menggunakan gabungan ilmu seni musik, tari, ilmu matematika, fisika, sains dan ktangkasan tangan. ustad koko liem aja dalam dakwahhya kadang memainkan sulap. menurut ibnu hayyan sulap yg hanya menggunakan ketangkasan tangan diperbolehkan, yg tidak boleh itu menggunakan bantuan jin… ini adalah seni yg penting bukan dukun yg merugikan oranglain,,, menghibur oranglain kan Insya Allah dapat pahala,,,

  4. kalo sihirnya merugikan orang lain seperti santet, teluh dll, itu pastinya haram, tapi sulap kan justru menghibur oranglain, lagipula ga pake jin,, yg penting tanpa jin dan tidak membahayakan oranglain. anak kecil aja bisa ceria-ceria dengan melihat sulap. yg penting tujuannya bukan untuk kejahatan.

  5. saya orang islam, hobi saya maen sulap, saya tau sihir itu haram, tetapi saya masih dalam batas kewajaran dalam maen sulap, yaitu menggunakan ketangkasan tangan semata. tujuan saya maen sulap untuk menghibur, supaya tidak canggung ke orang, dan supaya tambah percaya diri,, saya sendiri orangnya agak pemalu, tapi dengan main sulap saya jadi tidak canggung dan PD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s