Kiamat Sudah Dekat, 2012?

Allah SWT Berfirman:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Mereka menanyakan kepadamu tentang Kiamat: “Bilakah terjadi-nya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepada-mu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Se-sungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak

mengetahui.”(QS Al-A’raaf ayat : 187)

 

Ibnu Katsir mengatakan bahwa firman Allah, ”Katakanlah: ’Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.” Adalah perintah Allah swt kepada nabi-Nya saw apabila beliau saw ditanya tentang waktu terjadinya kiamat maka hendaklah beliau saw mengembalikan pengetahuan tentang itu kepada Allah swt. Sesungguhnya Dia lah yang menjelaskan waktu kedatangannya atau mengetahui kejelasan perkara itu dan kapan kepastian waktunya. (Tafsir Ibnu Katsir juz III hal 518)

 

مفاتيح الغيب خمس لا يعلمها إلا الله لا يعلم ما تغيض الأرحام إلا الله ولا يعلم ما في غد إلا الله ولا يعلم متى يأتي المطر أحد إلا الله ولا تدري نفس بأي أرض تموت إلا الله ولا يعلم متى تقوم الساعة إلا الله

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra bahwasanya Rasulullah saw ber sabda,”Kunci-kunci ghaib itu lima, ’Sesungguhnya hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat, dan Dia-lah yang menurun kan hujan, dan mengetahui apa yang ada didalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok, dan tiada yang seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesung-guhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (HR. Bukhori)

Al Qurthubi menyebutkan pendapat Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa kelima kunci-kunci ghaib tersebut tidaklah ada yang mengetahuinya kecuali Allah swt. Hal itu juga tidak diketahui oleh para malaikat, para Nabi yang diutus. Maka barangsiapa yang menganggap bahwa dirinya mengetahui sesuatu tentang itu semua maka orang itu telah mengingkari Al Qur’an dikarenakan ia telah menyalahinya. (Al Jami Li Ahkamil Qur’an juz XIV hal 400)

Dari Ayat dan hadits diatas ada beberapa poin yang perlu digaris

Bawahi sebagai tekanan perhatian (stressing) al: (1) Kiamat adalah rahasia Allah, bahkan malaikatpun tidak tahu (2) Kiamat Datang secara tiba-tiba (3) Banyak manusia tidak menyadari bahwa kiamat adalah rahasia Allah (4) Banyak manusia menyangka bahwa ada orang-orang tertentu mengetahui terjadinya kiamat padahal tidak seorangpun mengetahui kapan waktunya.

 

Berangkat dari 4 hal itulah terjadi kekhawatiran dengan maraknya pe-mutaran film kiamat 2012 dengan indikator banyaknya artis / orang lain menikah muda karena takut keburu kiamat. Inilah efek negatif yang merusak akidah yang kemudian oleh MUI di beberapa daerah dilarang beredar.

 

Namun, saya lihat ada juga efek positifnya yaitu kemungkinan banyak orang yang bertaubat dan lebih semangat lagi untuk beribadah karena keyakinan dekatnya hari kiamat. Mungkin inilah yang perlu di

Sosialisasikan kepada khalayak umum, bahwa hari kimat sudah dekat

Adapun mengenai tanggalnya itu adalah rahasia Allah, Manusia bisa menebak-nebak dan telah nyata keliru pada tanggal 9-9-99 yang dipresiksi sebagai akhir dunia/ kiamat.

 

Intinya adalah kita iman kepada terjadinya hari akhir atau kiamat. Dan kiamat itu sudah dekat sekali akan terjadi. Rasul sendiri bersabda :

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةَ كَهَاتَيْنِ

Aku diutus, dan (waktu kedatangan) hari kiamat seperti dua (jari) ini (dalam dekatnya) [HR Bukhori] Dalam musnad ahmad dijelaskan rasul ketika bersabda mengacungkan dua jarinya, yaitu jari telunjuk dan jari tengah sebagai perumpamaan dekatnya waktu datangnya hari kiamat.

 

Kalau pada zaman Rasul saat itu sudah dekat dengan kiamat bagaikan 2 jari yang saling berdekatan, bagai-mana dengan hari-hari ini? Segeralah bertobat, jangan tunda-tunda lagi, Yang pasti Kiamat udah dekat, 2012? Boleh Jadi Lebih cepat. Kapan waktu pastinya: Wallahu A’lam.

3 responses to “Kiamat Sudah Dekat, 2012?

  1. terimakasih annur2.dg demikian saya bisa sedikit mengerti tentang kiamat.kiamat pasti datang,hanya ALLOH yg tau waktunya.yg penting kita harus banyak bertaubat dan tingkatkan ibadah.smg kita tergolong orang yg selamat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s