Share

Silahkan masukan saran, kritik atau komentar
tentang IKSAN (Santri/Alumni/Mahasiswa) disini

24 responses to “Share

  1. assalam..

    saya alumni 2006, saat ini saya studi S1 di ilmu ekonomi, FE UB.
    salut dan maju terus buat teman-teman STIKK.
    tolong kalau bisa tambahkan chatbox, agar lebih flexibel dan praktis buat berintraksi http://www.cbox.ws
    n kalo bloeh tau, siapa yang membuat dan merawat blog ini.
    sekian,
    wassalam

  2. ustadz,mohon maaf seblumnya karena baru sekarang buka web..nya annur yang saya cintai.
    saya seneng banget bisa buka web.nya karena dapat mengenang masa-masa indah bahagia belajar disana,tapi sekarng saya sudah sulit ingin berangkat kesana karena terbentur bnyak halangan,oleh karenaitu saya ingin sekali dapat selalu mengetahui perkembangan dan kemajuan pesantren yang banyak memberikan saya pemahaman.
    ustadz saya dijakarta sangat sulit menemukan kawan-kawan yang pernah belajar disana. pernah terbesit alngkah bahagianya bisa kumpul dan kenal dengan meraka yang pernah menuntut ilmu diponpes an-nur.dan mudah-mudahan itu bisa terwujud,AMIEN.semisal dengan reuni santri sejabodetabek di senayan.
    mohon maaf untadz klo kata-katanya kurang berkenan dihati.
    insya allah saya akan selalu membuka situs ini dan dapat informasi terbaru dr kemajuan ponpes AN-NUR II yang saya cintai.
    assalamualaikum.wr.wb.

  3. Assalamualaikum,
    Mohon untuk lingkungan wali songo khususnya SMA diperketat dengan adanya razia tiap bulan sekali sebab banyak dari kereka yang bawa barang elektronik khususnya Hp saya nagak mau kejadian pada diri saya dan teman2 dulu terulang lagi.Teima kasih
    Wassalam

  4. tolong teman-teman santri an-nur yang masih mondok agar benar-benar dijaga dari pengaruh luar.

    hal itu karena berdasar pada teori siklus kehidupan :
    1.zaman pertama pondok pesanteren lahir
    orang dalam begitu yakin dan percaya akan P.P sedangkan orang luar begitu sinis
    2.zaman kedua pondok pesantren berkembang
    orang dalam dan luar begitu percayanya kepada P.P
    3.zaman ketiga (era sekarang)
    orang luar masih percaya kepada pesantren sedangkan orang dalamnya begitu miskin keyakinan (exp.pada barokah P.P)
    4.zaman keempat (zaman penuh ketidakpercayaan)
    orang luar dan orang dalam P.P SEMUANYA gak percaya lagi akan berbagai hal yang dulu begitu dijaga dan dibanggakan oleh para ulama dan kyainya.zaman dimana islam belum lahir /jahiliah.

    yang menghancurkan sendi-sendi agama islam bukanlah orang luar namun adalah mereka orang-orang dalam sendiri.

    sungguh, sangat mengecewakan dan trenyuh hati saya bila melihat adik-adik saya di P.P An-Nur 2 yang cintai ternyata ada yang:
    1.membawa Hp,radio,dll
    2.makan dipondok melebihi jatah makannya.minimal mereka mengambil lauk yang bukan haknya (karena dekat dengan yang menjajakan jatah makannya sehingga dengan seenaknya ia mengambil sendiri dan menambah sendiri).bagaimana jadinya bila dipondok sudah berani makan barang yang haram?darimana jalannya dia jadi orang yang baik?
    padahal sang kyai sudah dawuh :
    opo’o kon ko’ angel nglakoni kebagusan?
    perhatikno 4 perkoro iki
    paling ono perkara haram sing kon pangan
    paling ono perkoro haram seing kon rungo’no
    paling ono perkoro harom sing kon delok
    paling ono perkoro harom sing kon pikirno

    kalau saya lihat/jalan jalan kepondok,itu sangat berbeda ketika saya lihat orang-orang kristen.hal itu dapat saya ketahui hanya dengan melihat bagaimana mereka berjalan.adik-adik di An2 tampak begitu gak punya yang namanya semangat hidup sedangkan orang kristen tampak semangat dalam setiap langkah mereka.apakah mereka sudah tidak bangga dan tidak bahagia lagi dengan jalan hidup mereka?dimana motivasi mereka?
    _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
    ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan :
    masih relevankah jenis hukuman di P.P kita?
    hukuman yang selama ini,sya rasakan kurang pantas.kenapa kita gak merubah dari hukuman fisik ke hukuman mental. saya yakin orang akan lebih termotivasi untuk menghindari malu daripada menggapai kemuliaan.misal saja bila kita ditanya “pilih mana kamu kehilangan 10 juta dengan mendapat uang 10 juta?”.saya yakin akan ada perubahan yang mencolok.
    masih relevankah sistem senior dan junior dalam pendidikan kita ? saya hanya ingin menyampaikan 1 prinsip pendidikan : orang gak akan belajar kalo mereka disuruh belajar.apalagi ketika kita temui saat ini ternyata senior (maaf) tak lagi pantas untuk disebut teladan yang baik. hal itu akan benar benar menghancurkan kaderisasi di P.P yang kita cintai.para senior hanya menyuruh,gak pernah mengajak (dengan memberi teladan dulu).

    maaf bila kata-kata saya kurang berkenan itu hanya semata betapa saya mencintai P.P An2.

    NB:saran untuk pemecahan keteladanan diatas,bagaimnana kalau misal anak kelas 3 yang sudah baik disuruh untuk mendampingi adiknya yang klas 1 ato 2.itu sudah cukup terbukti dengan proyek b.asing ketika di villa dulu yang cukup berhasil.sekian

  5. Terimakasih atas masukannya. anda tidak lupa dengan kawah candradimukanya dulu.
    pp annur2 senantiasa mengadakan perubahan ke arah kemajuan sesuai dengan masukan yang masuk ke pengurus.
    sekarang sangsi dan hukuman di ganti dengan reward dan punishment yang secara rinci terdapat “buku poin”
    buku ini memuat plus minus santri sekaligus reward dan punishment nya.
    jika anda ke pondok, silahkan melihat-lihat buku ini dan kami tunggu masukannya kembali demi perbaikan.
    untuk HP dan radio diadakan razia tiap bulan yang menurut keyakinan kami sudah tidak ada kecuali ada surat ijinnya.
    terimakasih

  6. I’m really sorry because I never sent any comments before. I want to know about the progress of senior high school of An nur after i’ graduated since 2005?…I and I want that An nur 2 become a bilingual school.

  7. mas sanny, sebuah pondok pesantren yg besar pastilah pondok yang didukung oleh alumninya. makanya mas sanny berikan masukan ke blog ini bagaimana kiat-kiatnya. pondok tingkat SMP alhamdulilah sdh berjalan Arab-inggrisnya. thx

  8. i’m so glad to read your comment. you can share your idea in this blog to build up our pesantren boarding school. thx

  9. aku santri th 98 bangga kpd annur 2.asalllku semarang.jl palebon tgh 2 tlp 024.70265589.08156668949.salam buat teman2 yg mengenalku.jauh dimata dekat dihati

  10. Berikut No Sebagian Alumni:
    1) Ade Resmanto Jakarta (02191726309)
    2) Hendry Oktavianus Palembang (081233331415)
    3) Hendrawan Lombok (085239562666)
    4) Nasrudin Tuban (085643702739)
    5) Maulana Dulkifli Gempol (085649766015)
    6) Rohimin Sidoarjo (081332202944)
    7) Muslimin Bantur (03419442005)
    8) Syaifuddin Ipunk Bogor (0812388901414)
    9) Multazami Madura (08563532061)

  11. Sekarang waktunya mengembalikan arti sahadat yang saya ucapkan puluhan kali setiap hari, agar tidak hanya menjadi lips service tapi harus betul betul terucap dari bibir dan tembus ke hati🙂 betul betul membuat saya mengerti bahwa ALLAH itu tujuan saya bukan harta, bukan jabatan dan bukan cinta manusia, karena kalau ketika ini tujuan saya siap siap aja semua diambil oleh ALLAH.

    Dan mulai sekarang jadilah muslim bukan robot, muslim adalah manusia yang menjadikan ALLAH tujuan hidupnya dan menjadikan Rasul sebagai tauladannya, begitu kira kira yah? Dan ketika ALLAH menjadi satu satunya tujuan saya, pasti urusan urusan dunia akan diselesaikan oleh yang maha kaya,

  12. Iya Ade ,,
    “jauh Dalam” di fikiran ku juga seperti itu ….
    syapa yang ga ingat/haru semasa di Pondok …
    uat event Organizer yg mau ngadain Reuni Alumni Tolong kirim Email ya …”agunkprams@yahoo.co.id”

  13. Sejarah Peringatan Maulid Nabi
    Shallallahu `alaihi Wasallam

    Disusun Oleh:
    Nashir Moh. Al Hanin
    Penerjemah :
    Team Indonesia
    Murajaah :
    Abu Ziyad
    ﺍ ﻻ ﻝﺎﻔﺘﺣ ﺑ ﺦﻳﺭﺎﺘﻟﺍ ﱪﻋ ﻱﻮﺒﻨﻟﺍ ﺪﻟﻮﳌﺎ
    ﲔﻨﳊﺍ ﺪﻤﳏ ﺮﺻﺎﻧ

    Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah
    1428 – 2007
    1
    Peringatan Maulid Nabi shallallahu `alaihi Wasallam
    (Tinjauan Sejarah dan Hukumnya menurut islam) *
    a. Sejarah peringatan maulid:
    Seluruh ulama sepakat bahwa maulid Nabi tidak pernah diperingati pada masa Nabi
    shallallahu `alaihi wasallam hidup dan tidak juga pada masa pemerintahan
    khulafaurrasyidin.
    Lalu kapan dimulainya peringatan maulid Nabi dan siapa yang pertama kali
    mengadakannya?
    Al Maqrizy (seorang ahli sejarah islam) dalam bukunya “Al khutath” menjelaskan
    bahwa maulid Nabi mulai diperingati pada abad IV Hijriyah oleh Dinasti Fathimiyyun di
    Mesir.
    Dynasti Fathimiyyun mulai menguasai mesir pada tahun 362 H dengan raja
    pertamanya Al Muiz lidinillah, di awal tahun menaklukkan Mesir dia membuat enam
    perayaan hari lahir sekaligus; hari lahir ( maulid ) Nabi, hari lahir Ali bin Abi Thalib, hari
    lahir Fatimah, hari lahir Hasan, hari lahir Husein dan hari lahir raja yang berkuasa.
    Kemudian pada tahun 487 H pada masa pemerintahan Al Afdhal peringatan enam
    hari lahir tersebut dihapuskan dan tidak diperingati, raja ini meninggal pada tahun 515 H.
    Pada tahun 515 H dilantik Raja yang baru bergelar Al amir liahkamillah, dia
    menghidupkan kembali peringatan enam maulid tersebut, begitulah seterusnya peringatan
    maulid Nabi shallallahu `alaihi wasallam yang jatuh pada bulan Rabiul awal diperingati
    dari tahun ke tahun hingga zaman sekarang dan meluas hampir ke seluruh dunia.
    b.Hakikat Dynasti Fathimiyyun:
    Abu Syamah (ahli hadist dan tarikh wafat th 665 H) menjelaskan dalam bukunya
    “Raudhatain” bahwa raja pertama dinasti ini berasal dari Maroko dia bernama Said,
    setelah menaklukkan Mesir dia mengganti namanya menjadi Ubaidillah serta mengaku
    berasal dari keturunan Ali dan Fatimah dan pada akhirnya dia memakai gelar Al Mahdi.
    Akan tetapi para ahli nasab menjelaskan bahwa sesungguhnya dia berasal dari keturunan
    Al Qaddah beragama Majusi, pendapat lain menjelaskan bahwa dia adalah anak seorang
    Yahudi yang bekerja sebagai pandai besi di Syam.
    Dinasti ini menganut paham Syiah Bathiniyah; diantara kesesatannya adalah bahwa
    para pengikutnya meyakini Al Mahdi sebagai tuhan pencipta dan pemberi rezki,
    2
    setelah Al Mahdi mati anaknya yang menjadi raja selalu mengumandangkan kutukan
    terhadap Aisyah istri rasulullah shallallahu `alaihi wasallam di pasar-pasar.
    Kesesatan dinasti ini tidak dibiarkan begitu saja, maka banyak ulama yang hidup di
    masa itu menjelaskan kepada umat akan diantaranya Al Ghazali menulis buku yang
    berjudul “Fadhaih bathiniyyah (borok aqidah Bathiniyyah)” dalam buku tersebut dalam bab
    ke delapan beliau menghukumi penganutnya telah kafir , murtad serta keluar dari agama
    islam.
    c. Hukum perayaan maulid Nabi:
    Sebenarnya, dengan mengetahui asal muasal perayaan maulid yang dibuat oleh
    sebuah kelompok sesat tidak perlu lagi dijelaskan tentang hukumnya. Karena saya yakin
    bahwa seorang muslim yang taat pasti tidak akan mau ikut merayakan perhelatan sesat
    ini.
    Akan tetapi mengingat bahwa sebagian orang masih ragu akan kesesatan
    perhelatan ini maka dipandang perlu menjelaskan beberapa dalil ( argumen ) yang
    menyatakan haram hukumnya merayakan hari maulid Nabi shallallahu `alaihi wasallam.
    Diantara dalilnya:
    1. Allah taala berfirman:
    Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan
    kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. (Q.S. Al Maidah: 3
    ).
    Ayat di atas menjelaskan bahwa agama islam telah sempurna tidak boleh ditambah
    dan dikurangi, maka orang yang mengadakan perayaan maulid Nabi yang dibuat setelah
    rasulullah shallallahu `alaihi wasallam wafat berarti menetang ayat ini dan menganggap
    agama belum sempurna masih perlu ditambah. Sungguh peringatan maulid bertentangan
    dengan ayat di atas.
    2. Sabda Nabi shallallahu `alaihi wasallam :
    ) ٌﺔَﻟَﻼَﺿ ٍﺔَﻋْﺪِﺑ ﱠﻞُﻛ ﱠنِﺈَﻓ ِرْﻮُﻣُﻷا ِتﺎَﺛَﺪْﺤُﻣَو ْﻢُﻛﺎﱠﻳِإ ( يﺬﻣﺮﺘﻟاو دواد ﻮﺑأ هاور
    Hindarilah amalan yang tidak ku contohkan (bid`ah), karena setiap bid`ah
    menyesatkan ”. HR. Abu Daud dan Tarmizi.
    Peringatan maulid Nabi tidak pernah dicontohkan Nabi, berarti itu adalah bi’dah, dan
    setiap bi’dah adalah sesat, berarti maulid peringatan Nabi adalah perbuatan sesat.
    3. Sabda Nabi shallallahu `alaihi wasallam :
    )) ﱞدَر َﻮُﮫَﻓ ُﻪْﻨِﻣ َﺲْﯿَﻟ ﺎَﻣ اَﺬَھ ﺎَﻧِﺮْﻣَأ ْﻲِﻓ َثَﺪْﺣَأ ْﻦَﻣ (( ﻪﯿﻠﻋ ﻖﻔﺘﻣ
    3
    ﻢﻠﺴﻤﻟ ﺔﻳاور ﻲﻓو )) ٌدَر َﻮُﮫَﻓ ﺎَﻧُﺮْﻣَأ ِﻪْﯿَﻠَﻋ َﺲْﯿَﻟ ًﻼَﻤَﻋ َﻞِﻤَﻋ ْﻦَﻣ ((
    “Siapa yang menghidupkan suatu amalan yang tidak ada dasarnya dalam dien
    kami, amalannya ditolak. ” Muttafaq ’alaih
    Dalam riwayat Muslim: “Siapa yang mengamalkan perbuatan yang tidak ada
    dasarnya dalam dien kami, amalannya ditolak. ”
    Dua hadist di atas menjelaskan bahwa setiap perbuatan yang tidak dicontoh Nabi tidak
    akan diterima di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, dan peringatan maulid Nabi tidak
    dicontohkan oleh Nabi berarti peringatan maulid Nabi tidak diterima dan ditolak.
    4. Sabda Nabi shallallahu `alaihi wasallam:
    )) ْﻢُﮫْﻨِﻣ َﻮُﮫَﻓ ٍمْﻮَﻘِﺑ َﻪﱠﺒَﺸَﺗ ْﻦَﻣ (( دواد ﻮﺑأ هاور
    Barang siapa yang meniru tradisi suatu kaum maka dia adalah bagian dari kaum
    tersebut. HR. Abu Daud.
    Tradisi peringatan hari lahir Nabi Muhammad meniru tradisi kaum Nasrani
    merayakan hari kelahiran Al Masih (disebut dengan hari natal) , maka orang yang
    melakukan peringatan hari kelahiran Nabi bagaikan bagian dari kaum Nasrani -wal
    ‘iyazubillah-.
    5. Peringatan maulid Nabi sering kita dengar dari para penganjurnya bahwa itu
    adalah perwujudan dari rasa cinta kepada Nabi. Saya tidak habis pikir bagaimana orang
    yang mengungkapkan rasa cintanya kepada Nabi dengan dengan cara melanggar
    perintahnya, karena Nabi telah melarang umatnya berbuat bidah. Ini laksana ungkapkan
    oleh seorang penyair:
    ُﻪـَﺘْﻌَﻃَﺄَﻟ ًﺎﻗِدﺎَﺻ َﻚﱡﺒُﺣ َنﺎَﻛ ْﻮَﻟ ُﻊـْﯿِﻄُﻣ ﱠﺐَﺣَأ ْﻦَﻤِﻠﱠﺒِﺤُﻤﻟا ﱠنِإ
    Jikalau cintamu kepadanya tulus murni, niscaya engkau akan mentaatinya.
    Karena sesungguhnya orang yang mencintai akan patuh terhadap orang yang dicintainya
    6. Orang yang mengadakan perhelatan maulid Nabi yang tidak pernah diajarkan
    Nabi sesungguhnya dia telah menuduh Nabi telah berkhianat dan tidak menyampaikan
    seluruh risalah yang diembannya.
    Imam Malik berkata,” orang yang membuat suatu bidah dan dia menganggapnya
    adalah suatu perbuatan baik, pada hakikatnya dia telah menuduh Nabi berkhianat tidak
    menyampaikan risalah.
    Setelah membaca artikel ini, berdoalah kepada Allah agar diberi hidayah untuk bisa
    menerima kebenaran dan diberi kekuatan untuk dapat mengamalkannya dan jangan
    terpedaya dengan banyaknya orang yang melakukannya seperti firman Allah:
    4
    Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka
    akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan
    belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah) (Q.S. Al An’aam: 116 ).
    Abu Raihanah
    *Dikutip dari: Makalah Sejarah Maulid, hukum dan pendapat ulama terhadapnya karya
    Nashir Moh. Al Hanin dan sumber lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s